Yukk Mengenal Berbagai Perangkat Jaringan dan Fungsinya

1. Wireless Card

Merupakan peripheral pada komputer yang berfungsi untuk menghubungkan laptop pada jaringan komputer tanpa menggunkan kabel. Wireless pada laptop lebih dikenal dengan nama Wi-Fi atau Wireless Fidelity.

Dengan adanya wireless memungkinkan laptop dapat terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel,Wireless Card akan menerima sinyal dari perangkat lain seperti Access Point ataupun pernagkat wireless lainya.Dengan adanya Wireless ini dan laptop dapat dengan mudah bisa terhubung ke jaringan maka efisiensi dari penggunaan wireless ini sangat bagus,karena pengguna tidak memerlukan kabel sebagai media transmisi atau media perantara jaringan.
2. Switch
    Switch adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwidth yang cukup besar.

Fungsi Switch

    Beberapa fungsi switch yaitu sebagai manajemen lalu lintas yang terdapat pada suatu jaringan komputer, switch bertugas bagaimana cara mengirimkan paket data untuk sampai ke tujuan dengan perangkat yang tepat, Switch juga bertugas untuk mencari jalur yang paling baik dan optimal serta memastikan pengiriman paket data yang efisien ketujuannya.

3.Bridge

Adalah perangkat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN(Local Area Network) dengan jaringan lokal yang lain.Bridge berjalan pada data link layer pada network model OSI (Open System Interconnection), Oleh karena itu bridge dapat menghubungkan jaringan komputer dengan metode transmisi atau medium access control yang berbeda. Selain itu bridge juga dapat mempelajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya.

Fungi Bridge :
1.) Menghubungkan 2 buah jaringan LAN yang sejens
2.) Dapat menghubungkan beberapa jaringan komputer yang terpisah 
3.) Dapat berfungi sebagai router pada jaringan komputer yang lebih luas (Bridge Router)

4. Repeater

    Secara bahasa, kata repeater berasal dari bahasa Inggris “Repeat” yang memiliki arti pengulangan. Secara terminologi, definisi repeater yaitu pengulang kembali atau secara lengkapnya yaitu alat yang berfungsi untuk mengulang atau meneruskan kembali signal ke area sekitar perangkat ini dengan lebih mudah.

Fungsi Repeater

    repeater yaitu suatu alat atau perangkat yang mempunyai fungsi untuk menyebarkan jangkauan sinyal. Sinyal Wifi yang belum terjangkau oleh sinyal dari server yang mana tujuan hal itu ialah untuk menangkap sinyal Wifi.


5. Access Point

Adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuauh transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. dengan Access Point(AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.

Fungsi Access Point :
1.) Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai HCP server
2.) Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-fi Protected Access (WPA)
3.) Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4.) Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel


6. Network Interface Card (NIC) 

    NIC merupakan sebuah perngkat keras jaringan, yang secara fisik berbentuk seperti sebuah kartu ekspansi, yang memungkinkan setiap komputer dapat terhubung dengan suatu jaringan dengan menggunakan kabel jaringan. NIC (Network Interface Card) ini juga memiliki beberapa istilah lainnya, seperti Kartu Jaringan (Network Card), LAN Card dan juga Ethernet.

Fungsi NIC

a)      Sebagai media pengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya.
b)      Sebagai pengontrol data flow antar komputer yang menggunakan sistem kabel jaringan.
c)      Menerima data dari komputer lain.
d)     Menterjemahkan data menjadi bentuk bit sehingga dapat dimengerti oleh komputer penerima.


77. Wireless Card
    Wireless merupakan peripheral pada komputer yang berfungsi untuk menghubungkan laptop pada jaringan komputer tanpa menggunakan kabel. Wireless pada laptop lebih dikenal dengan nama WIFI atau Wireless Fidelity.

Fungsi Wireless Card

    Menghubungkan laptop pada jaringan tanpa menggunakan kabel, selain itu wireless juga dapat menerima sinyal dari penrangkat lain agar laptop dapat terhubung ke jaringan komputer atau jaringan internet.

Komentar